Selasa, 16 April 2013

Struktur Organisasi















Gambar 1: struktur organisasi perusahaan Donut Paradise

            Struktur organisasi digunakan untuk mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan secara sistematis yang menunjukkan hubungan atau keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Demi tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk mengatur aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut.
            Oleh karnanya setiap perusahaan akan memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis perusahaan. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat diterapkan sehingga efisiensi dari aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui kerjasama dengan koordinasi yang baik. Sehingga tujuan dari bisnis tersebut dapat tercapai. Adapun tugas- tugas tersebut adalah :
a.      Pimpinan / Direktur
Bertugas menetapkan kebijakan dan program kerja para karyawan untuk mendapatkan hasil operasi yang optimal dengan bertanggung jawab atas segala pelaksanaan usaha. Serta memimpin, mengkoordinasi, dan melakukan pengawasan langsung terhadap bagian produksi, marketing, dan administrasi.

b.      Manajer produksi
Bertugas mengubah produksi dari bahan baku menjadi barang jadi. Juga bertugas menentukan bahan baku yang dapat meningkatkan mutu dan kualitas dari produk yang akan diproduksi.
c.       Manajer pemasaran
Bertugas memperkenalkan produk kepada target pemasaran dengan berbagai cara yang dianggap efisien dan efektif serta memasarkan produk dari perusahaan ke berbagai tempat sesuai persetujuan pempinan/direktur.
d.      Manajer keuangan
Bertugas  mengatur dan mencatat setiap biaya keluar dan masuk dari berbagai sumber dan melaporkannya kepada pempinan/direktur secara sistematis sesuai dengan transaksi sebenarnya.
e.      Sekretaris
Mempunyai tugas mencatat setiap transaksi maupun perjanjian yang dibuat perusahaan dan mengefektifkan kegiatan pimpinan/direktur.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar