Gambar
1: struktur organisasi perusahaan Donut Paradise
Struktur
organisasi digunakan untuk mengidentifikasi peran dan tanggung jawab karyawan
yang dipekerjakan oleh setiap perusahaan secara sistematis yang menunjukkan
hubungan atau keterkaitan antara setiap bagian untuk mencapai tujuan yang telah
ditetapkan. Demi tercapainya tujuan suatu bisnis diperlukan suatu wadah untuk
mengatur aktivitas maupun kegiatan bisnis tersebut.
Oleh karnanya setiap perusahaan akan
memiliki struktur yang berbeda tergantung skala perusahaan dan jenis
perusahaan. Melalui struktur organisasi yang baik, pengaturan pelaksanaan dapat
diterapkan sehingga efisiensi dari aktivitas kerja dapat diwujudkan melalui
kerjasama dengan koordinasi yang baik. Sehingga tujuan dari bisnis tersebut
dapat tercapai. Adapun tugas- tugas tersebut adalah :
a.
Pimpinan / Direktur
Bertugas menetapkan kebijakan dan program
kerja para karyawan untuk mendapatkan hasil operasi yang optimal dengan
bertanggung jawab atas segala pelaksanaan usaha. Serta memimpin,
mengkoordinasi, dan melakukan pengawasan langsung terhadap bagian produksi,
marketing, dan administrasi.
b.
Manajer produksi
Bertugas mengubah produksi dari bahan baku
menjadi barang jadi. Juga bertugas menentukan bahan baku yang dapat
meningkatkan mutu dan kualitas dari produk yang akan diproduksi.
c.
Manajer pemasaran
Bertugas memperkenalkan produk kepada target
pemasaran dengan berbagai cara yang dianggap efisien dan efektif serta
memasarkan produk dari perusahaan ke berbagai tempat sesuai persetujuan
pempinan/direktur.
d.
Manajer keuangan
Bertugas
mengatur dan mencatat setiap biaya keluar dan masuk dari berbagai sumber
dan melaporkannya kepada pempinan/direktur secara sistematis sesuai dengan
transaksi sebenarnya.
e.
Sekretaris
Mempunyai tugas mencatat setiap transaksi
maupun perjanjian yang dibuat perusahaan dan mengefektifkan kegiatan pimpinan/direktur.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar