Selasa, 16 April 2013

Analisis Pemasaran



1.       Marketing Mix
Dalam pelaksanaan bisnis dibutuhkan marketing mix yakni 4 variabel atau kegiatan yang merupakan inti daro sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kagiatan promosi, dan tempat.
a.       Produk
Donat dengan tampilan penyajian yang baru dan unik dengan rasa yang nikmat
b.      Price
Harga donat Rp 5.000 per unitnya
c.       Place
Penentuan tempat pemasaran dapat menentukan besarnya profit yang dapat dihasilkan dalam jangka waktu tertentu. Tempat atau wilayah pemasaran produk kami meliputi lingkungan USU dan sekitarnya. Dan target pemasarannya mencakup mahasiswa USU dan masyarakat sekitar.
d.       Promotion
Promosi yang dilakukan merupakan strategi awal dalam mengenalkan produk kami kepada masyarakat. Salah satu usaha yang kami lakukan dalam mengenalkan produk kami ini yaitu dengan berinteraksi langsung dengan target pemasaran dan juga melalui twitter.


2.       Strategi Pemasaran
  Mengingat pentingnya pemasaran, maka usaha mikro ini pun harus menetukan segmen pasarnya. Dalam hal ini perusahaan kami telah menentukan segmen pasar yang terdiri dari beberapa faktor, yaitu :
a.       Faktor Geografis              : Seluruh mahasiswa USU dan masyarakat sekitarnya
b.      Faktor Demografis           : Semua usia pria maupun wanita






3.       Analisis SWOT dari produk DONUT PARADISE
Strenghts :
1)      Harga terjangkau oleh seluruh lapisan masyarakat
2)      Rasa lebih nikmat
3)      Tampilan penyajian yang berbeda dengan produk donat lainnya

Weaknesses :
1)      Tidak tahan lama karena tidak menggunakan bahan pengawet
2)      Kemasan masih belum tertata bagus karena merupakan produk yang dibuat tanpa bantuan mesin
Opportunities :
1)      Donat sudah banyak dikenal oleh masyarakat
2)      Promosi kami dilakukan dikalangan mahasiswa
Treaths :
1)      Banyaknya perusahaan yang menginginkan bisnis ini membuat persaingan semakin banyak
2)      Harga bahan baku pembuatan donat juga sering naik-turun sehingga membuat pengeluaran modal menjadi tidak menentu
3)      Selera konsumen yang tidak menentu menjadi salah satu ancaman bagi produk kami oleh sebab itu kami akan selalu senantiasa memperbaiki produk kami agar lebih bervariatif dan dapat menarik perhatian pelanggan

4.      Landasan 5 W + 1 H dalam perusahaan kami
a. What  
Kami memproduksi  donat dengan tampilan penyajian yang lebih menarik dan rasa yang tentunya lebih nikmat dengan harga yang bersahabat.
b. Why   
Kami memproduksi produk ini karena dalam masa saat sekarang ini banyak orang menyenangi makanan ringan jenis donat ini namun merasa enggan atau malas mengkonsumsinya dikarenakan ketika mengkonsumsi donat mau atau tidak mau mereka harus bersusah mengotori tangan mereka. Atas dasar pemikiran itu kami membuat suatu ide baru untuk memudahkan para pencinta donat mengkonsumsinya. Lalu kami produksilah produk DONUT PARADISE ini. Dengan rasa lebih nikmat serta penyajian yang berbeda dengan donat-donat lainnya.

c. Where             
Dengan mempertimbangkan target pemasaran maka kami memutuskan perusahaan ini kami dirikan di Jln. Jamin Ginting gang Cipta 8, P. Bulan – Medan. 
d. When 
Kami memulai memproduksi produk ini pada tanggal 30 Maret 2013. Dan akan memproduksikan produk kami ini akan kami laksanakan setiap harinya.
e. Whom
Target pemasaran kami adalah para pencinta donat yang meliputi mahasiswa Universiitas Sumatera Utara dan masyarakat sekitar kampus USU khususnya mereka yang menggemari internet atau game online lainnya yang tidak ingin beranjak untuk mencuci tangan mereka karena mengkonsumsi donat biasa, maka produk kami ini adalah solusinya. Dengan mempertimbangkan keahlian dan skill masing-masing maka kami telah menetapkan struktur organisasi agar semua yang diharapkan dan menjadi visi dan misi perusahaan kami dapat dicapai.
f. How
Dengan keputusan bersama atas persetujuan direktur perusahaan maka kami sudah mentukan untuk mencapai visi dan misi perusahaan kami diperlukan usaha yang ulet. Maka kami akan berusaha memasarkan dalam rangka memperkenalkan dan mencari pelanggan produk kami ini secara gencar. Melalui kontak pemasaran secara langsung dengan konsumen, brosur, maupun dengan jejaring sosial.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar