1.
Marketing Mix
Dalam pelaksanaan
bisnis dibutuhkan marketing mix yakni 4 variabel atau kegiatan yang merupakan
inti daro sistem pemasaran perusahaan yaitu produk, struktur harga, kagiatan
promosi, dan tempat.
a.
Produk
Donat dengan tampilan
penyajian yang baru dan unik dengan rasa yang nikmat
b.
Price
Harga donat Rp 5.000 per
unitnya
c.
Place
Penentuan tempat pemasaran
dapat menentukan besarnya profit yang dapat dihasilkan dalam jangka waktu
tertentu. Tempat atau wilayah pemasaran produk kami meliputi lingkungan USU dan
sekitarnya. Dan target pemasarannya mencakup mahasiswa USU dan masyarakat
sekitar.
d.
Promotion
Promosi yang dilakukan
merupakan strategi awal dalam mengenalkan produk kami kepada masyarakat. Salah
satu usaha yang kami lakukan dalam mengenalkan produk kami ini yaitu dengan
berinteraksi langsung dengan target pemasaran dan juga melalui twitter.
2.
Strategi Pemasaran
Mengingat
pentingnya pemasaran, maka usaha mikro ini pun harus menetukan segmen pasarnya.
Dalam hal ini perusahaan kami telah menentukan segmen pasar yang terdiri dari
beberapa faktor, yaitu :
a.
Faktor Geografis : Seluruh mahasiswa USU dan
masyarakat sekitarnya
b.
Faktor Demografis : Semua usia pria maupun wanita
3.
Analisis SWOT dari produk DONUT
PARADISE
Strenghts :
1)
Harga terjangkau oleh seluruh
lapisan masyarakat
2)
Rasa lebih nikmat
3)
Tampilan penyajian yang berbeda
dengan produk donat lainnya
Weaknesses :
1)
Tidak tahan lama karena tidak
menggunakan bahan pengawet
2)
Kemasan masih belum tertata bagus
karena merupakan produk yang dibuat tanpa bantuan mesin
Opportunities :
1)
Donat sudah banyak dikenal oleh
masyarakat
2)
Promosi kami dilakukan dikalangan
mahasiswa
Treaths :
1)
Banyaknya perusahaan yang
menginginkan bisnis ini membuat persaingan semakin banyak
2)
Harga bahan baku pembuatan donat
juga sering naik-turun sehingga membuat pengeluaran modal menjadi tidak menentu
3)
Selera konsumen yang tidak menentu
menjadi salah satu ancaman bagi produk kami oleh sebab itu kami akan selalu
senantiasa memperbaiki produk kami agar lebih bervariatif dan dapat menarik
perhatian pelanggan
4. Landasan 5 W + 1 H dalam
perusahaan kami
a. What
Kami
memproduksi donat dengan tampilan
penyajian yang lebih menarik dan rasa yang tentunya lebih nikmat dengan harga
yang bersahabat.
b. Why
Kami memproduksi
produk ini karena dalam masa saat sekarang ini banyak orang menyenangi makanan
ringan jenis donat ini namun merasa enggan atau malas mengkonsumsinya
dikarenakan ketika mengkonsumsi donat mau atau tidak mau mereka harus bersusah
mengotori tangan mereka. Atas dasar pemikiran itu kami membuat suatu ide baru
untuk memudahkan para pencinta donat mengkonsumsinya. Lalu kami produksilah
produk DONUT PARADISE ini. Dengan rasa lebih nikmat serta penyajian yang
berbeda dengan donat-donat lainnya.
c. Where
Dengan mempertimbangkan target pemasaran maka kami memutuskan perusahaan ini kami dirikan di Jln. Jamin Ginting gang Cipta 8, P. Bulan – Medan.
Dengan mempertimbangkan target pemasaran maka kami memutuskan perusahaan ini kami dirikan di Jln. Jamin Ginting gang Cipta 8, P. Bulan – Medan.
d. When
Kami memulai memproduksi produk ini pada tanggal 30 Maret 2013. Dan akan memproduksikan produk kami ini akan kami laksanakan setiap harinya.
Kami memulai memproduksi produk ini pada tanggal 30 Maret 2013. Dan akan memproduksikan produk kami ini akan kami laksanakan setiap harinya.
e. Whom
Target pemasaran kami adalah
para pencinta donat yang meliputi mahasiswa Universiitas Sumatera Utara dan
masyarakat sekitar kampus USU khususnya mereka yang menggemari internet atau
game online lainnya yang tidak ingin beranjak untuk mencuci tangan mereka
karena mengkonsumsi donat biasa, maka produk kami ini adalah solusinya. Dengan
mempertimbangkan keahlian dan skill masing-masing maka kami telah menetapkan
struktur organisasi agar semua yang diharapkan dan menjadi visi dan misi
perusahaan kami dapat dicapai.
f. How
Dengan
keputusan bersama atas persetujuan direktur perusahaan maka kami sudah mentukan
untuk mencapai visi dan misi perusahaan kami diperlukan usaha yang ulet. Maka
kami akan berusaha memasarkan dalam rangka memperkenalkan dan mencari pelanggan
produk kami ini secara gencar. Melalui kontak pemasaran secara langsung dengan
konsumen, brosur, maupun dengan jejaring sosial.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar